Skip to main content

Fakta sambal memang belum banyak diketahui oleh orang yang sering mengkonsumsinya. Padahal sambal memiliki ragam manfaat serta khasiat yang belum pernah disadari.

Artikel By : www.vallet.id

Fakta sambal memang belum banyak diketahui oleh orang yang sering mengkonsumsinya. Padahal sambal memiliki ragam manfaat serta khasiat yang belum pernah disadari. Pernahkah Anda mengkonsumsi sambal saat flu? Kemudian apa yang terjadi? Hidung tersumbat seketika hilang. Namun selain itu, ada lagi fakta sambal yang perlu diketahui seperti berikut ini.
1. Bagus untuk Kesehatan Kulit
Fakta sambal yang pertama, ternyata mengkonsumsi sambal dapat membuat kulit bagus. Hal itu dikarenakan cabai memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C. Dua kandungan tersebut terbukti memiliki kemampuan merangsang terbentuknya kolagen yang bagus untuk kulit. Terutama, jika kulit Anda luka, dua kandungan dalam sambal tersebut ampuh untuk membuat penyembuhan lebih cepat.
2. Dapat Mengurangi Stress
fakta-sambal-mengurangi-stress
Fakta sambal yang kedua adalah dapat mengurangi stress. Pernahkah Anda merasa ingin makan pedas ketika mulai banyak pikiran? Bukan keinginan yang sembarangan, ternyata sambal memang memiliki kemampuan untuk meredakan stress. Hal ini karena sambal bisa meningkatkan hormon endorfin dalam tubuh. Stress berkurang, perut pun kenyang.
3. Dapat Meredakan Flu
fakta-sambal-meredakan-flu
Jika Anda mulai merasakan gejala flu, sambal ternyata dapat menjadi solusi. Tidak hanya karena mengandung antioksidan, cabai dipercaya bagus untuk meredakan flu sebab mengandung zat capsaicin. Zat inilah yang membantu memperlancar jalannya udara di pernapasan kita. Sangat cocok saat dikonsumsi waktu hidung mulai tersumbat dan kondisi badan mulai berbeda. Selain itu, Anda dapat mengkonsumsi sambal dengan makanan yang hangat. Akan lebih menambah sensasi berbeda saat mengkonsumsinya.
4. Dapat Mengurangi Kolesterol
Terdapat dua kadar kolesterol dalam tubuh kita, yang jahat dan baik. Nah, cabai dalam sambal ternyata bisa mengurangi kadar kolestrol jahat dan meningkatkan kadar kolestrol baik. Sehingga kolesterol dalam tubuh pun menjadi seimbang. Namun, tetap mengatur porsi sambal yang akan dikonsumsi ya. Sebab, bagi sebagian orang mengkonsumsi sambal dalam jumlah banyak justru memicu sakit perut.
5. Cabai Pertama di Indonesia Berasal dari Amerika Selatan
fakta-sambal-cabai-pertama-di-indonesia
Pada masa penjajahan, ternyata penjajah Portugis dan Spanyol lah yang membawa cabai pertama kali masuk ke Indonesia. Cabai tersebut berasal dari Amerika Selatan. Asal mula kenapa setiap daerah memiliki sambal khas mereka sendiri adalah karena warga setempat bereksperimen untuk membuat sambal dengan berbagai bumbu khas daerah masing-masing. Makanya, mencicipi sambal khas daerah sekitar harus jadi hal utama kalau lagi travelling di Indonesia.
Itulah beberapa fakta sambal yang perlu diketahui agar tidak hanya mengkonsumsi saja, namun segala manfaat tidak diketahui. Di Indonesia memang terkenal istilah makan tanpa sambal seperti ada lauk yang kurang. Maka tidak heran jika mayoritas masyarakat Indonesia selalu mengkonsumsi sambal. Bahkan dari Sabang hingga Merauke memiliki sambal khas daerah mereka masing-masing.

Comments

Popular posts from this blog

Society 5.0

Artikel By :  www.vallet.id Pada era modern sekarang teknologi semakin berkembang pesat, saat ini  di Jepang sendiri telah meluncurkan program Society 5.0, dalam bahasa Indonesia Society berarti Masyarakat, dalam KBBI Masyarakat adalah sejumlah manusia dalam arti seluas-luasnya dan terikat oleh suatu kebudayaan yang di anggap sama. Lalu apa itu Society 5.0? Society 5.0 atau Masyarakat 5.0 adalah konsep teknologi masyarakat yang berpusat pada manusia dan berkolaborasi dengan teknologi (AI dan IoT) untuk menyelesaikan masalah sosial yang terintegrasi pada ruang dunia maya dan nyata. Sebelum Society 5.0 terdapat versi sebelumnya yaitu Society 1.0 (Masyarakat berburu), Society 2.0 (Masyarakat bertani), Society 3.0 (Masyarakat Industri) dan Society 4.0 (Masyarakat Informasi). Jadi pada dasarnya Society 5.0 merupakan era baru dalam kehidupan bermasyarakat yang sudah terintegrasi dengan sistem teknologi berupa IoT(Internet Of Things) dan AI (Kecerdasan buatan) yang dapat memproses

Kaligrafi

Artikel By :  www.vallet.id Kaligrafi Asal Usul Kaligrafi Dalam seni rupa Islam, tulisan arab seringkali dibuat kaligrafi. Biasanya isinya disadur ayat-ayat Al-Quran. Bentuknya bermacam-macam, tidak selalu pena di atas kertas, tetapi seringkali juga ditatahkan di atas logam atau kulit. Salah satu bentuk penerapan kaligrafi Islam sebagai seni hias adalah di Istana Al Hamra, Spanyol. Jenis jenis Kaligrafi Islam dibedakan berdasarkan bentuk huruf dan fungsi tulisan tersebut. Tulisan untuk dokumen dokumen resmi misalnya, menggunakan jenis jenis kaligrafi tertentu yang berbeda dengan tulisan tulisan kaligrafi untuk hiasan dan sampul sampul buku. Para tokoh kaligrafi, sejak abad ke-3 H / 9 M telah mengembangkan beragam jenis tulisan dan memberikan nama nama tertentu untuk membedakannya dengan yang lain. Maka banyaklah sebutan sebutan untuk jenis jenis kaligrafi. Sebutan sebutan itu cukup membingungkan karena satu jenis tulisan kaligrafi disebut dengan nama nama yang bermacam

Anatomi Huruf Dalam Tipografi

Artikel By :  www.vallet.id Anatomi Huruf Dalam Tipografi “Typography” (Tipografi) merupakan suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga dapat menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin. Seni tipografi, yaitu karya atau desain yang menggunakan pengaturan huruf sebagai elemen utama. Tipografi atau typography menurut Roy Brewer (1971) dapat memiliki pengertian luas yang meliputi penataan dan pola halaman, atau setiap barang cetak. Atau dalam pengertian lebih sempit hanya meliputi pemilihan, penataan dan berbagai hal bertalian pengaturan baris-baris susun huruf (typeset), tidak termasuk ilustrasi dan unsur-unsur lain bukan susun huruf pada pada halaman cetak. Peran dari pada tipografi itu sendiri adalah untuk mengkomunikasikan ide atau informasi dari halaman tersebut ke pengamat.  Terkadang secara tidak sadar, kita selau berhubungan dengan tipografi